Jumat, 10 Oktober 2008

Syaikh Muqbil bin Hadi -Cahaya Sunnah dari Yaman_

Sesampainya beliau di Yaman, beliau memulai dakhwahnya dengan mengajari Al-Qur’an kepada anak-anak di kampungnya. Beliau dengan gigih mendakwahkan dakwah salafiyah, dakhwah tauhid dakwah yang haq, meski begitu banyak rintangan yang menghadangnya dari kelompok syi’ah, sufiyah, dan sekuler. Beliau rahimahullah mulai dakwahnya dari kampungnya yang kecil yang dikelilingi gunung-gunung tetapi cahaya dakwah beliau memancar hingga ke pelosok-pelosok yang jauh di Yaman.

Dengan pertolongan Alloh ’Azza wa Jalla, kemudian dengan kegigihan beliau mulailah dengan manusia meninggalkan kesyirika-kesyirikan dan kemungkaran-kemungkaran yang sebelumnya merupakan kebiasaan mereka sehari-hari.

Ketika dakwah beliau mulai terdengar ke seluruh penjuru, berbondong-bondonglah manusia menuju tempat beliau untuk mengambil ilmu. Datanglah para penuntut ilmu dari daerah-daerah sekitarnya,bahkan dari luar negeri Yaman seperti Mesir, Kuwait, Haramain, Najd, Libia, Al-Jazair, Maghrib (Maroko), Turki, Inggris, Indonesia, Amerika, Somalia, Belgia, dan negeri-negeri lainnya.

Keberaniannya Dalam Mengingkari Kemungkaran

Beliau rahimahullah dikenal pemberani di dalam mengucapkan kebenaran dan mengingkari kemungkaran. Tidak takut kepada siapa pun di dalam membela kebenaran. Siapa saya yang membaca tulisan-tulisan dan mendengarkan kaset-kaset beliau akan mengetahui hal itu.Beliau berbicara tentang bid’ah-bid’ah, kesyirikan-kesyirikan, kezhaliman-kezhaliman, dan kerusakan-kerusakan. Beliau memiliki banyak bantahan-bantahan kepada para pemilik kebathilan di dalam tulisan-tulisan dan kaset-kaset beliau.

Perhatian Kepada Para Penuntut Ilmu

Beliau begitu besar perhatiannya kepada para penuntut ilmu. Beliau sangat bersedih jika ada dari para murid-muridnya membuthkan sesuatu kemudian tidak bisa mendapatkannya. Beliau pernah berkata di dalam majelisnya, ”Beban terberat yang aku hadapi yang aku rasakan lebih berat daripada menghadapi ahli bid’ah dan menulis adalah kebutuhan murid-murid kami”.

Keluhuran Jiwanya

Beliau rahimahullah begitu luhur jiwanya, menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak pantas, menjaga diri dari meminta-minta kepada orang lain, sampai-sampai beliau merasa berat memintakan kepada para muhsinin (dermawan) untuk kepentingan para muridnya. Ketika Syaikh Abdul Aziz bin Baz mengetahui hal itu maka beliau mengirim surat kepada Syaikh Muqbil yang isinya, ”Tulislah permohonan wahai Abu Abdurrahman, engkau akan mendapatkan pahala darinya!”

Beliau latih para muridnya pada sifat yang agung ini. Beliau mencela dan memperingatkan dari orang-orang yang meminta-minta kepada manusia atas nama dakwah, dan ini bukan berarti beliau rahimahullah menyeru para penuntut ilmu agar meninggalkan taklimnya untuk berdagang. Maksud beliau, makan dari hasil usaha sendiri lebih baik daripada meminta-minta. Beliau rahimahullah juga berkata, ”Aku menasehatkan kepada ahli sunnah agar bersabar atas kefaikiran, karena itulah keadaan yang Alloh pilihkan kepada Nabi-Nya Shollallahu ’Alayhi wa Sallam.

Kesabarannya

Beliau rahimahullah memiliki kesabaran yang sulit dicari bandingannya. Beliau begitu sabar atas bebrbagai penyakit yang menimpanya, bersabar atas penyakit busung air yang bertahun-tahun dideritanya. Demikian pula atas penyakit lever yang menimpanya. Merupakan hal yang menakjubkan bahwa beliau dalam keadaan sakit tidak pernah meninggalkan taklimnya. Pernah suatu saat beliau menyampaikan pelajarannya dalam keadaan tangannya diikat dengan perban ke lehernya.

Kezuhudan, Kesederhanaan, Kedermawanan, dan Wara’nya.

Beliau dikenal dengan kezuhudannya dan beliau biasakan para muridnya atas sifat yang mulia ini. Beliau sampaikan kepada mereka bahwa dengan sifat inilah mereka akan mendapatkan ilmu. Beliau sangat sederhana dalam tempat tinggal, pakaian dan makanannya.

Di antara hal yang menunjukkan kezuhudannya pada dunia, beliau wakafkan tanag belia yang luas untuk tempat tinggal para muridnya yang sekarang ditempati sekitar 250 rumah.

Beliau memiliki sifat tawadhu’ yang sulit dicari bandingannya. Jika beliau sedang berjalan kemudian dipanggil oleh seorang anak kecil maka beliau langsung berhenti, menyapanya, dan menanyakan apa yang dikehendaki. Ketika beliau di majelis taklimnya datanglah seorang anak kecil, beliau hentikan pelajarannya dan berkata anak kecil itu kepadanya, ”Aku ingin membaca sebuah hadits di mikrofon.” maka beliau dudukkan anak kecil tersebut di depannya untuk membaca hadits yang dikehendakinya.

Beliau dikenal dengan sifat wara’, tidak pernah tersisa dana dakwah disisinya karena selalu beliau serahkan kepada penanggungjawabnya.

Kegigihan Dalam Berdakwah

Beliau rahimahullah begitu gigih dalam berdakwah meskipun begitu padat kesibukannya daalam mengajar dan menulis. Beliau arahkan para muridnya dengan mengatakan, ”Janganlah kalian hanya menuntut ilmu dan meninggalkan dakwah, wajib atas kalian mendakwahkan ilmu yang kalian pelajari!”

Beliau melakukan perjalanan dakwah di kota-kota dan desa-desa Yaman, mendaki gunung-gunung dan menuruni lembah-lembah. Beliau mengalami vabyak rintangan dari para musuh-musuhnya seperti jama’ah Ikhwanul Muslimin, Jam’iyah Hikmah dan Ihsan, kelompok sekuler, Sufiyah, dan selain mereka, tetapi beliau tidak pernah surut dalam dakwahnya kepada Kitab dan Sunnah.

Ceramah-ceramah dakwah beliau dihadiri oleh jumlah yang sangat besar hingga di sebagian tempat ceramah diadakan di tanah lapang karena masjid yang ada tidak mampu memuat jumlah hadirin.

Beliau peringatkan manusia dari kesyirikan, kebid’ahan, demokrasi dan parlemen. Beliau ingatkan kaum muslimin agar tidak memberikan loyalitas kepada musuh-musuh Islam, dan meninggalkan fitnah hizbiyyah yang telah menceraiberaikan umat.

Kegigihannya Dalam Mempelajari dan Menyampaikan Ilmu

Beliau begitu gigih di dalam mengajarkan ilmu. Satu jam sebelum Zhuhur beliau mengajarkan kitabnya Shahih Musnad mimma Laisa fi Shahihain, setelah itu kitab Jami’ Shahih Musnad mimma Laisa fi Shahihain. Sesudah sholat Zhuhur belia mengajarkan Tafsir Ibnu Katsir dua hari sekali bergantian dengan kitab Shahih Musnad min Asbabin Nuzul. Ketika kitab yang akhir ini selesai beliau ganti dengan kitab Jami’ Shahih. Sebelum Zhuhur beliau menelaah pelajaran di rumahnya selama seperempat jam.

Sesudah Ashar beliau mengajarkan kitab Shahih Bukhary, dan sesudah Magrib mengajarkan Shahih Muslim dan Kitabnya Ahaditsu Mu’allah Zhahiruha Shihhah. Selesai dari kitab yang akhir ini beliau menggantinya dengan kitabnya Gharatul Fishal alal Mu’tadin ala Kutubil Ilal.Selesai dari kitab yang akhir ini beliau mengajarkan kitabnya Dzammul Mas’alah, kemudian setelah selesai diganti dengan kitab Shahih Musnad min Dalail Nubuwwah. Bersama kedua kitab ini beliau ajarkan juga kitab Mustadrak dan kitabnya Shahih Musnad fil Qadar. Demikianlah urut-urutan taklim beliau hingga beliau wafat.

Jika beliau berbicara tentang rijal maka beliau adalah pakarnya, jika beliau sedang diskusi dengan murid-muridnya dalam masalah nahwu maka seakan-akan tidak ada selsain beliau yang mengetahui disiplin ilmu ini, jika beliau berbicara tentang ilal maka membuat terhenyak orang yang ada dihadapannya. Demikian juga beliau memiliki kecepatan luar biasa di dalam menghadirkan dalil-dalil dari Kitab dan Sunnah.

Guru-gurunya

Beliau mempelajari ilmu-ilmu syar’i dari para ulama besar dizamannya seperti : SYAIKH Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albany, Syaikh Abdullah bin Humaid, Syaikh Muhammad As-Sabil, Syaikh Abdul Aziz Ar-Rasyid, Syaikh Yahya Al-Bakistany, Syaikh Muhammad bin Abdullah ASH-Shamaly, Syaikh Muhammad Hakim Al-Mishry, dan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Mishry.

Murid-muridnya

Di antara murid-muridnya adalah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Washshaby Al-Abdaly, Syaikh Yahya bin Ali Al-Hajury, Syaikh Muhammad bin Abdullah Ar-Rimy Al-Imam, Syaikh Abdul Aziz bin A;-Bar’i, Ummu Abdillah Al-Wadi’iyah putrinya, Ummu Syu’aib Al-Wadi’iyah istri keduanya, Ummu Salamah istri ketiganya, dan masih banyak lagi selain mereka.

Tulisan-tulisannya

Diantara tulisan-tulisannya adalah Shahih Musnad mimma Laisa fi Shahihain, Tarajim Rijal Al-Hakim fil Mustadrak, Tatabbu’ Auham Al-Hakim allati Sakata Alaiha Adz-Dzhaby, Tarajim Rijal Sunan Daruquthni, Shahih Musnad min Dalail Nubuwwah, Gharatul Fishal ’alal Mu’tadin ’ala Kutubil Ilal, Jami’ Shahih fil Qadar, Sha’qatu; Zilzal Linasfi Abathil Rafdhi wal I’tizal, Ijabatus Sail’an Ahammil Masail, Asy-Syafa’ah, Riyadhul Janna fi Raddi ’ala A’dai Sunnah, Tuhfatul Arib ’ala As’ilatil Hadhir wal Gharib, Al-Makhraj minal Fitnah, Shahih Musnad min Asbabin Nuzul, Rudud Ahlil Ilmi ’ala Tha’inin fi haditsi Sihr, Mushara’ah. Ilhad Khomeni fi Ardhil Haramain, Al-Ba’its ala Syarhil Hawadits, Irsyad Dzawil Fathan Liib’adi Ghulati Rwafidh ’anil Yaman, Jami’ Shahih Musnad mimma Laisa fi Shahihain, Gharatul Asyrithah ’ala Ahlil Jahli wa Safsathah, Fawakih Janiyah fil Khuthab wal Muhadharat Saniyah, Qam’ul Mu’anid wa Zajrul Haqidil Hasid, Majmu’atu Rasail Ilmiyah, Tuhfatusy Syab Rabbany, Fatwa fi Wihdatil Muslimin ma’al Kuffar, Iqamatil Burhan ala Dhalali Abdur Rahim Ath-Thahhan, Dibaj fi Maratsy Syaikhul Islam Abdul Aziz bin Baz, Hukmu Tashwir Dzawatil Arwah, Muqtarah fi Ajwibati As’ilatil Musthalah, Fadhaih wa Nashaih, Maqtal Syaikh Jamilurrahman, Iskatul Kalbil’Awi, Tahqiq Tafsir Ibnu Katsir, Shahih Musnad mimma Tafsir bil Ma’tsur, dan Kitab Ilzamat wa Tatabbu’ lil Imam Daruquthni dirasah wa tahqiq.

Wafatnya

Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i wafat di Jedda pada malam Ahad 1 Jumadil Ula tahun 1422 H dalam usia sekitar 70 tahun dan dimakamkan di Makkah di samping Syaikh Abdul Aziz bin Baz dab Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin. Semoga Allah meridhainya dan menempatkannya dalan keluasan jannah-Nya.

Rujukan

Nubdzah Yasir min Hayati Ahadi ’Alamil Jazirah oleh Abu Hammam Muhammad bin Ali bin Ahmaf Ash-Shauma’i Al-Baidhani.

Tulisan ini diambil dari : Majalah Al Furqon Edisi:1 Tahun V Sya’ban 1426 H / September 2005

Nasehat tuk Penuntut Ilmu

قال الإمام الشافعي رحمه الله :
أخي لن تنال العلم إلا بستة
سأنبيك عن تفصيلها ببيان
ذكاء وحرص واجتهاد وبلغة
وإرشاد أستاذ وطول الزمان

Kisah Shohib (Budi Marta)

Hawa panas masih menyembur deras di tubuh, sengatan terik matahari pun tak kunjung reda, siang itu hari Senin Tgl 6 Oktober 2008 ana hendak pergi meninggalkan kota tercinta ini ( Kota Cirebon ) menuju kota impian, kota urban, kota sejuta harapan, ibukota Negri kita yaitu Jakarta. Tepat pukul 13.30 Wib ana pergi meninggalkan kota tercinta ini dengan menumpang mobil Isuzu Panther milik Al-ustadz Ali Hijrah Hafidzohulloh..

Kepergian ana tersebut bukan kepergian tamasya atau refreshing apalagi hura-hura, akan tetapi kepergian dengan membawa beban pikulan yang berat di pundak..ya pikulan yang terasa berat…kepergianku itu adalah dalam rangka untuk ingin mencari sebuah keridhoan Allah Ta’alaa…kepergianku itu adalah dalam rangka melaksanakan tugas wajib sebagai seorang muslim yaitu menuntut ilmu syar’i.

Alhamdulillah sekitar pukul 19.00 ana sudah menghirup udara ibukota tercinta dan tepat pukul 20.00 ana beserta rombongan sudah sampai ke tempat persinggahan sementara yaitu tepatnya di perumahaman karyawan Gema Insani Pers di daerah Depok. Akhirnya ana dan rombongan, yaitu : ana, Ustadz Ali hijrah, istri dan anaknya, al akh Aziz Rahman dan adiknya serta bapak sopir yang tercinta yaitu bapak Hidayat turun dari kendaraan yang kami tumpangi….Sambutan hangatpun datang tercurah bagaikan hujan lebat..Seorang tuan rumah, beliau adalah bapak Iwan langsung menyediakan 2 rumah untuk tempat tinggal sementara kami, satu rumah untuk akhwat, yaitu untuk istri dan anak ustadz Ali hijrah dan adik dari al akh Aziz Rahman dan satu ruangan lagi untuk ana, ustadz Ali hijrah, al akh Aziz Rahman dan bapak Hidayat.

Tujuan Ustadz Ali Hijrah ke Jakarta adalah mengantarkan putrinya untuk mengikuti tes seleksi masuk di LIPIA ( lembaga ilmu pengetahuan islam dan arab di Indonesia ), begitu juga ana…ana tahun ini di beri kesempatan untuk mendaftar di LIPIA mengambil program diplom lil mu’allimin ( sebuah program satu tahun khusus untuk pengajar ). Sedangkan Al akh Aziz Rahman beliau tidak bertujuan untuk mengikuti tes seleksi masuk LIPIA karena dia sudah resmi menjadi mahasiswa LIPIA ( beliau sekarang sudah semester empat di program i’dad lughowy ), akan tetapi tujuan dia adalah mengantarkan adik perempuannya ke mahad Tahfidz Al qur’an Al mar’ah Assholihah di daerah Cimanggis Depok….Akhirnya dengan tujuan yang sama tersebut ( yaitu sama2 ingin pergi ke Jakarta ) Ustadz Ali Hijrah mengajak ana, al akh Aziz Rahman dan adiknya untuk ikut rombongan bersama beliau…( Jazakallahu khairan ya ustadz ). ini adalah merupakan salah satu nikmat yang besar, bagaimana tidak…di saat musim arus balik seperti ini mana ada kendaraan yg nyaman untuk di tumpangin…hehehehe..

Ke esokan harinya, yaitu Tgl 07 Oktober kami serombongan pergi menuju kampus LIPIA, karena memang hari itu adalah jadwal tes tahriri ( tes tulis ), dan sebelumnya mengantar adik Al akh Aziz Rahman dulu ke mahad Tahfidz Al mar’atussholihah di daerah cimanggis, Depok. Di sana kami mampir sebentar dan sempat ngobrol2 ringan dengan sang mudir mahad, yaitu Ustadz Kurnaedi, Lc…

Sesampainya di kampus LIPIA, ana sangat terkejut ketika melihat sebuah papan pengumuman, di sana ada selembar kertas putih bertuliskan dengan huruf arab gundul yang artinya ” khusus bagi pendaftar program diplom lil mu’allimin tidak ada tes tulis yang ada hanyalah tes lisan saja waktunya hari rabu Tgl 08 Oktober 2008 “…Pengumuman itu membuat ciut nyali..bagaimana tidak..wong dari zaman dahulu, tes untuk program diplom hanya ada tes tulis saja tanpa tes lisan….di tambah lagi ana belum menyiapkan hafalan Al qur’an , materi nahwu yang belum sepenuhnya ana kuasai…..weeeh pokoke semuanya bikin ciut nyali… Setelah melihat pengumuman itu ana langsung berinisiatif untuk mencoba muroja’ah hafalan ( lumayan masih ada waktu satu hari ) artinya ana butuh ketenangan jiwa dan benar2 fokus… Akhirnya ana pamitan kepada Ustadz Ali Hijrah untuk tidak ikut rombongan beliau lagi ke Depok, ana lebih memilih masjid dan Alhamdulillah tanpa pikir panjang ana langsung terbayang ke masjid hotel Gren Alia ( sebuah masjid hotel bintang empat yang sering di singgahi masyayikh dari timur tengah dan ustadz2 besar ). Kemudian ana di temani al akh Aziz Rahman menuju ke masjid Hotel Gren Alia dengan menumpang kopaja nomor P20. Sesampainya di sana ana bertemu dengan sahabat dekat ana waktu di mahad yaitu al akh Erwin Priyatno ( lulus diplom LIPIA tahun sekarang dan sedang mencoba daftar ke syu’bah takmili ) dan juga ada al akh Muhammad Rizal ( Lulus Takmili LIPIA tahun sekarang dan sedang mendaftar ke syari’ah ) dan juga bertemu dengan imam masjid, yaitu ustadz Muhammad maksum ( lulus diplom LIPIA thn 2007 dan juga alumni mahad Assunnah angkatan pertama ) dan Alhamdulillah ana di sana di sambut dengan hangat sekali….Jazakumullahu khairan ya akhiiii…

Ke esokan harinya, yaitu hari Rabu Tgl 08 Oktober 2008 ana pergi ke kampus LIPIA untuk mengikuti tes lisan, sesampainya di depan kampus hati ini bertambah ciut ketika melihat peserta tes hampir semua rata2 sudah berumur di atas 27 Tahun dan sudah banyak pengalaman di bidang pengajaran…sedangkan ana???….umur masih belia, pengalaman belum ada, ilmu syar’i juga masih sangat minim. Akhirnya ana hanya bisa berdo’a kepada Allah semoga urusan ini di mudahkan. Tak lama kemudian panitia tes memerintahkan kepada semua peserta tes agar memasuki ruangan…. Akhirnya nama ana di panggil…ana di ruangan tersebut bertemu dengan 3 orang penguji, 1 orang syaikh dari Saudi Arabia yaitu syaikh DR. Ahmad Mujahid, 1 orang syaikh dari Mesir, yaitu syaikh DR. Rosyid Rojal dan satu orang ustadz dari Indonesia, yaitu ustadz DR. Muslih Abdul Karim…dag dig dug dag dig dug dag dig dug…jantung ini berdebar keras…tp ana mencoba untuk mengendalikannya sebisa mungkin…ana di beri pertanyaan oleh masing2 penguji 2 pertanyaan….Alhamdulillah semuanya bisa terjawab…..

tinggal hari berikutnya yaitu hari Kamis Tgl 09 Oktober ana menantikan pengumuman kelulusan, hingga sore hari belum ada pengumuman dari syu’un thullab.. Hingga hari Jum’at Tgl 10 Oktober ana datang kembali ke kampus LIPIA untuk menanti2 datangnya pengumuman, tapi hingga usai sholat JUm’at belum keluar juga.. Padahal seluruh Mahasiswa akan mulai masuk hari senin Tgl 13 Oktober 2008. Pada akhirnya ana mendapatkan informasi bahwa pengumuman kelulusan akan di undur sampai dengan hari Senin Tgl 13 Oktober 2008. Tanpa pikir panjang, ana berinisiatif untuk pulang dulu ke kota tercinta ( Cirebon ) dan insya Allah akan kembali ke Jakarta hari Senin pagi. Ide seperti ini di setujui juga oleh ikhwan2 Cirebon yang lain, akhirnya hari Jum’at sore pukul 15.10 Wib ana, al akh Erwin dan juga al akh Muhammad Rizal pulang bersama-sama ke kota tercinta ini dengan menumpang kereta api ekspress Tegal Arum jurusan Jakarta-Tegal ( biasa…kereta ekonomi,,,). Alhamdulillah nyampai di mahad tercinta ini sekitar pukul 20.30 WIB.

Ana berharap dan selalu memohon kepada Allah agar di pengumuman hari senin nanti nama ana tercantum sebagai orang yang lulussss…. Ana juga minta do’a dari antum sekalian!!!!!!……… Perjalanan belum usai

Kamis, 02 Oktober 2008

Syi'ah musuh Sunnah

Para pembaca yang semoga dirahmati oleh Allah, di antara aqidah Ahlus Sunnah adalah kita mencintai para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, namun tidak berlebihan dalam mencintai salah seorang di antara mereka. Kita juga tidak boleh berlepas diri (antipati) terhadap seorang pun dari mereka. Kita membenci orang yang membenci dan menjelek-jelekkan mereka. Kita pun hanya menyebut mereka dalam kebaikan. Mencintai mereka adalah bagian dari agama, begian dari iman, dan salah satu bentuk ihsan. Sedangkan membenci mereka adalah kekufuran, kemunafikan, dan sikap melampaui batas. (Aqidah Ath-Thohawiyyah).

Sahabat, Generasi Terbaik Umat Islam

Setelah kedudukan sebagai Nabi, tidak ada lagi kedudukan yang lebih tinggi dan lebih mulia dibanding kedudukan suatu kaum yang telah diridhai Allah untuk mendampingi Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan untuk menjadi pembela agama-Nya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Sebaik-baik manusia adalah generasiku (sahabat), kemudian generasi sesudahnya, dan sesudahnya lagi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pada diri sahabat telah terkumpul kelebihan dan keutaman yang banyak. Mereka adalah orang yang lebih dahulu masuk Islam. Mereka adalah orang yang mendampingi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam berhijrah dan berperang, serta melindungi beliau. Mereka berjihad menghadapi musuh ketika cuaca sangat terik menyengat, padahal mereka sedang berpuasa. Mereka pula yang menyebarkan agama Islam ini ke berbagai wilayah. Oleh karena itu, umat Islam ini telah sepakat bahwasannya para sahabat radhiyallahu ‘anhum lebih mulia daripada orang setelah mereka dari umat ini, dalam segi ilmu, amal perbuatan, pembenaran, dan persahabatan dengan Rasulullah.

Karena tingginya kedudukan para sahabat pula, sampai-sampai harta yang mereka sumbangkan, demi mencari keridhaan Allah dalam situasi dan kondisi sesulit apapun, merupakan suatu amal yang tidak mungkin terjadi pada seorang pun dari umat ini dan tidak pula semisal ukuran pahalanya. Rasulullah bersabda, “Janganlah kalian mencela sahabatku. Karena demi Dzat yang jiwaku di tangan-Nya, kalau salah seorang di antara kalian menafkahkan emas sebesar gunung Uhud, maka nilainya tidak akan mencapai satu mud (segenggam tangan) salah seorang mereka, dan tidak juga separuhnya.” (HR. Bukhari)

Syi’ah, Musuh Umat Islam

Namun sayangnya, telah muncul suatu kelompok (agama) yang menamakan dirinya dengan Syi’ah. Mereka mengaku muslim, akan tetapi mereka sangat membenci para sahabat radhiyallahu ‘anhum. Mereka mengkritik, mengecam, dan akhirnya berani mencela beberapa tokoh dari sahabat, serta merendahkan martabat mereka. Apabila mereka menyebutkan salah seorang sahabat, bukannya mengatakan radhiyallahu ‘anhu (semoga Allah meridhainya) untuk mendoakan mereka, tetapi justru mengatakan la’natullah ‘alaihi (Semoga Allah melaknatnya). Bahkan yang lebih parah lagi, mereka sampai mengkafirkan seluruh sahabat kecuali beberapa orang saja, seperti Salman Al Farisi, Miqdad Al Aswad, dan Ammar bin Yasir radhiyallahu ‘anhum. Untuk mendukung pemikirannya ini, mereka juga berani membuat hadits-hadits palsu tentang kejelekan sahabat tertentu atas nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Padahal, ketika mereka mencela sahabat, secara tidak langsung mereka juga telah mencela Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena jika para sahabat itu kafir dan fasik, jelas hal itu mencela Rasulullah. Karena agama seseorang itu tergantung pada agama teman-temannya. Seseorang bisa dicela gara-gara temannya, jika temannya itu jelek. Secara tidak langsung pula, mereka telah mencela Allah. Allah telah memilih dan mempercayakan risalah yang paling utama kepada Rasulullah, padahal pergaulan beliau adalah dengan orang-orang kafir?! Oleh karena itu kita meyakini bahwa celaan kepada sahabat adalah kedustaan besar kepada para sahabat, permusuhan kepada Allah, Rasul-Nya, dan syariat-Nya.

Salah seorang sahabat yang menjadi korban kejahatan orang-orang Syi’ah adalah Mu’awiyah bin Abu Sofyan radhiyallahu ‘anhu. Keharuman nama dan sejarah perjalanan beliau yang begitu indah dalam kitab-kitab hadits dan sejarah yang terpercaya, telah dinodai oleh goresan tangan para pendusta yang memutarbalikkan sejarah. Ironisnya, virus pemikiran yang sangat keji ini telah lama subur dalam buku-buku pendidikan sejarah pada berbagai tingkatan madrasah di negeri kita. Sehingga semenjak dini anak-anak telah dibina untuk membenci seorang sahabat bernama Mu’awiyah. Dalam gambaran mereka, Mu’awiyah adalah musuh bebuyutan Khalifah Ali bin Abi Thalib! Mu’awiyah adalah seorang yang menghalalkan darah saudaranya hanya karena ambisi kekuasaan! Dan gambaran-gambaran mengerikan lainnya. Mereka telah tertipu dengan hadits-hadits palsu tentang celaan terhadap Mu’awiyah buatan orang Syi’ah yang memang terkenal pendusta.

Sejahat itulah orang-orang Syi’ah dalam membenci dan mencela beliau. Padahal, beliau adalah salah seorang sahabat Nabi. Bahkan, beliau dikenal termasuk sahabat yang banyak meriwayatkan hadits dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau termasuk penulis wahyu untuk Rasulullah. Sampai-sampai Rasulullah telah berdoa untuk beliau, “Ya Allah, jadikanlah dia penunjuk dan yang diberi petunjuk. Tunjukilah dia, dan berilah manusia petunjuk karenanya.” (HR. Bukhari, Tirmidzi, dan Adz-Dzahabi. Hadits hasan shahih)

Demikianlah sedikit penjelasan tentang keutamaan sahabat Rasulullah dan kekejian kaum Syi’ah yang mencela sahabat. Akhirnya, ya Allah saksikanlah bahwa kami mencintai sahabat Nabi-Mu dan berlepas diri dari perilaku kaum Syi’ah yang mencela para sahabat Nabi-Mu.

Sinopsis buku SANDIWARA LANGIT

Lima huruf ini, tak pernah lepas dari keseharian kita, bahkan tiada sedesah nafas pun terlewatkan tanpa “mereka-lima huruf itu-“ masih melekat erat pada tiap jiwa. Lima huruf, yang punya beragam arti, beribu makna, berjuta misteri dan penafsiran yang hampir tiada hingga, sebanyak nyawa yang pernah menyandangnya, sepanjang zaman yang telah di lewatinya. Lima huruf, adalah kumpuan kisah indah. Lima huruf, rajutan cerita, yang kadang berdarah-darah. Lima huruf, adalah titian perjalanan yang sungguh tak mudah. Lima huruf, yang pada hakikatnya hanyalah untuk ibadah. Lima huruf, itu adalah hidup.


SANDIWARA LANGIT

Buku ini memuat salah satu kisah nyata perjalanan hidup anak Adam yang sungguh mengharukan, tapi juga membanggakan. Cerita ini adalah sebuah kisah nyata yang mengungkapkan keagungan cinta kasih dua anak manusia beraroma surga, berbalut cinta pada Sang Pencipta. Cerita ini di susun dengan tujuan, agar kita semua bias mengambil hikmah dan pelajaran dari cerita tersebut. Karena banyak nilai perjuangan yang sangat perlu kita tiru. Wujud perjuangan yang sudah begitu jarang muncul dalam kehidupan manusia. Termasuk dalam kehidupan kebanyakan kaum muslimin, pada masa sekarang ini. Bagaimana kisah selengkapnya? Simak dalam buku “SANDIWARA LANGIT”, dan jadilah pemetik hikmah di dalamnya

المستثنى من الهلاك والفناء

المستثنى من الهلاك والفناء

قوله: (وجاء ربك)؛ فيه إثبات صفات الوجه لله، وهو من الصفات الذاتية كالسمع والبصر واليدين وغير ذلك من الصفات، فعلى العباد الإيمان بها، والتسليم واعتقاد أنها حقيقة تليق بجلال الله وعظمته، وعلى هذا مضى الصحابة والتابعون والأئمة، قوله: ذُو الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ ؛ أي ذو العظمة والكبرياء، قوله: (والإكرام)؛ أي المكرم لأنبيائه وعباده الصالحين، وقيل: (ذو الجلال) أي هو المستحق لأن يجل ولأن يكرم، والإجلال يتضمن التعظيم، والإكرام يتضمن الحمد والمحبة، وقد قال بعض السلف: "لا يهدين أحدكم لله ما يستحي أحدكم أن يهديه لكريمه، إن الله أكرم الكرماء؛ أي هو أحق من كل شيء بالإكرام؛ إذ كان أكرم من كل شيء، وقال أيضا: وإذا كان مستحقا للإجلال والإكرام لزم أن يكون متصفا في نفسه بما يوجب ذلك، كما إذا قال: الإله هو المستحق لأنه يؤله أي لأنه يعبد، كان هو في نفسه مستحقا لما يوجب ذلك، والإجلال من جنس التعظيم، والإكرام من جنس الحب والحمد، وهذا كقوله: لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ فله الإجلال وله الإكرام والحمد، انتهى من كلام شيخ الإسلام ابن تيمية

قوله: كُلُّ شَيْءٍ هَالِكٌ إِلَّا وَجْهَهُ ؛ أي أن جميع أهل الأرض وأهل السماء سيموتون ويذهبون إلا من شاء الله، ولا يبقى إلا وجهه سبحانه وتعالى.

والمستثنى من الهلاك والفناء ثمانية، نظمها السيوطي بقوله:

ثمانية حكم البقاء يعمها من الخلق


والباقون فــي حـــيز العــدم

هـي العرش والكرسي نار وجنـة


وعجْـب وأرواح كـذا اللـوح والقلم


ثمانية حكم البقاء يعمها من الخلق


والباقون فــي حـــيز العــدم

هي العرش والكرسي نـار وجنـة


وعجْـب وأرواح كـذا اللـوح والقلم

هذه الثمانية مستثناة، ويقال لها + العرش والكرسي والجنة والنار، وعجب الذنب الذي يخلق منه ابن آدم والأرض، والروح لا تفنى تبقى بعد خروجها من الجسد معذبة أو منعمة، واللوح المحفوظ والقلم الذي يكتب به القدر هذه كتب الله لها البقاء، نعم - والحور وما فيها- نعم، بما فيها: وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ؛ قيل: يدخل في المستثنى يدخل الجنة وما فيها، ويدخل الأرواح أيضا ما تموت، الأرواح ما تموت فهي باقية، أرواح المؤمنين تنقل إلى الجنة ولها صلة بالجسد، وأرواح الكفار تنقل إلى النار ولها أيضا صلة بالجسد.



Disadur dari;

http://shrajhi.com/?Cat=17&Page=WS00435.Htm#%CB%E3%C7%E4%ED%C9%20%CD%DF%E3%20%C7%E1%C8%DE%C7%C1%20%ED%DA%E3%E5%C7%20%E3%E4%20%C7%E1%CE%E1%DE26299